Lambang Kabupaten Kediri

MyKediri.com - Kabupaten Kediri merupakan salah satu Kabupaten wilayah selatan dari Provinsi Jawa Timur Indonesia. Kabupaten Kediri secara geografis terletak pada 111°47’ 05” – 112°18’20” BT dan antara 7°36’ 12” – 8°0’ 32” LS.

Wilayah Kabupaten Kediri berbatasan dengan 5 Wilayah Kabupaten lain. Disebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Jombang dan Kabupaten Nganjuk dengan Kecamatan Pare sebagai daerah paling utara dari Kabupaten Kediri. Disebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Malang dengan Kecamatan Kandangan sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang. Disebelah selatan terdapat dua Kabupaten yakni Kabupaten Tulung Agung dan Kabupaten Blitar. Disebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Nganjuk.

Kabupaten dengan Bupati dr. Hj. Haryanti Sutrisno ini mempunyai luas wilayah 963,21 km dan memiliki 26 Kecamatan yakni, Banyakan, Gampengrejo, Grogol, Gurah, Kandangan, Kandat, Kayen Kidul, Kepung, Kras, Mojo, Kunjang, Ngadiluwih, Ngancar, Pagu, Papar, Pare, Plosoklaten, Puncu, Purwoasri, Ringinrejo, Tarokan, Wates, Ngasem, Semen, Badas. Terdapat 1.475.000 jiwa yang tersebar di ke 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri dengan kepadatan 1.531,34 jiwa/km2.

Peta Kabupaten Kediri

Sumber Foto : eastjava.com

Kabupaten Kediri merupakan Kabupaten dengan potensi daerah wisata yang besar, diantaranya Gunung Kelud, Kasembon Rafting, Monumen Simpang 5 Gumul (SLG), Petilasan Sri Aji Joyoboyo, Gereja Pohsarang, Candi Tegowangi, Candi Surowono, Situs Tondowongso, Air Terjun Dholo dan Irenggolo, Argo Wisata Sepawon, Bendungan Waru Turi, Gumul Paradise Island, Sumber Ubalan dan lain-lain. Bahkan kabar terbaru mengabarkan bahwa ditemukan sebuah air terjun baru bernama Air Terjun Parijoto yang masih sangat alami.

Selain kaya akan potensi wisata, Kabupaten Kediri juga terkenal dengan kuliner khas-nya, diantaranya Soto Branggahan, Sate Bekicot, Tahu Kuning, Nasi Pecel Tumpang, Ayam Bakar Bangi, Klepon Wonosari, Gethuk Pisang, Sate Emprit, dan lain-lain yang tentunya menggugah selera bagi penikmat kuliner.

Wilayah Kediri pernah menjadi sebuah wilayah yang penting untuk Nusantara, dengan adanya Kerajaan Kediri dengan pusat pemerintahan di Daha. Menurut surat Keputusan Bupati Kepada Derah Tingkat II Kediri tanggal 22 Januari 1985 nomor 82 tahun 1985 tentang hari jadi Kabupaten Kediri, jadilah pasal 1 berbunyi “Tanggal 25 Maret 804 Masehi ditetapkan menjadi Hari Jadi Kediri. Jadi sekarang, di maret tahun 2013 mendatang Kabupaten Kediri memeringati hari jadinya yang ke 1.209 tahun. Itulah sekilas tentang Kabupaten Kediri.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>